Tingkatkan Minat Baca di Tengah Pandemi, Dinas Perpustakaan Kapuas Hulu Gelar Lomba Perpustakaan Desa

KBRN, Kapuas Hulu : Guna meningkatkan minat baca masyarakat di tengah pandemi Covid-19, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kapuas Hulu menggelar lomba perpustakaan desa.

Kepala Bidang Perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kapuas Hulu Almiyati menjelaskan saat ini 278 desa yang tersebar di Kabupaten Kapuas Hulu sudah memiliki perpustakaan, namun setelah dilakukan seleksi hanya 5 desa yang bisa mengikuti lomba dan dilakukan pembinaan untuk menjadi salah satu perpustakaan desa yang mewakili Kabupaten Kapuas Hulu ditingkat provinsi.

“Hanya 5 desa yang lolos seleksi, karena untuk lomba perpustakaan desa tingkat provinsi syaratnya minimal memiliki gedung perpustakaan desa sendiri dan memiliki buku 1000 eksemplar, sedangkan mayoritas perpustakaan desa di Kapuas Hulu masih menumpang di kantor desa dan jumlah buku yang dimiliki masih sedikit. Kegiatan ini kami laksanakan untuk membina perpustakaan menuju perpustakaan  yang berstandar nasional,” katanya, Jumat (9/4/2021).

Menurut Almiyati 5 desa dan kelurahan yang saat ini dilakukan seleksi dan pembinaan untuk mewakili Kapuas Hulu yakni yakni perpustakaan kelurahan Kedamin Hulu, perpustakaan desa Pinang Laka, perpustakaan desa Jongkong Kiri Hilir, perpustakaan desa Bunut Hilir dan perpustakaan desa Tepuai.

“Terkait pengadaan buku sejumlah perpustaakaan desa di Kapuas Hulu juga mendapatkan bantuan berupa rak buku dan buku bercetak dari perpustakaan nasional yakni desa Nanga Kalis, desa Pinang Laka, desa Badau dan desa Awin,” tambahnya.(Yos)

Kontak Kami

Jl. Pendidikan No. 5 Putussibau
Telp (0567) 21485
Kode Pos 78711

All copyrights reserved © 2021
DInas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kapuas Hulu