Langkah Menunju Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial dengan Melakukan Pembinaan di Dinas Koperasi

Selain meningkatkan minat baca masyarakat dengan keberadaan perpustakaan, terutama Perpustakaan Umum yang di bawah naungan pemerintah seperti Perpustakaan Darah Kabupaten Kapuas Hulu juga  memiliki tugas lain salah satu diantaranya yaitu melakukan pembinaan terhadap perpustakaan yang berada di Kabupaten Kapuas Hulu

Pada tanggal 1 september  2020 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kapuas Hulu tepatnya Bidang Perpustakaan, melakukan pembinaan di Dinas Koperasi Kabupaten Kapuas Hulu, pembinaan tersebut dilakukan oleh Kepala Bidang Perpustakaan, Kasi Layanan dengan di bantu Staf  Bidang Perpustakaan.

Pembinaan dilakukan dengan maksud memberikan pemahaman kepada OPD yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu terhadap pentingnya menyediakan bahan bacaan di lingkungan kantor sebagai lagkah untuk meningkatkan minat baca di lingkungan Kabupaten Kapuas Hulu.

Kepala Bidang Perpustakaan menjelaskan juga bahwa dengan adanya perpustakaan atau bahan bacaan di lingkungan kantor dapat membangun semangat serta menambah pengatahuan.

Selain melakukan kegiatan pembinaan terhadap Dinas Koperasi Kabupaten Kapuas Hulu, petugas dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kapuas Hulu tepatnya Bidang Perpustakaan juga melakukan peninjaun terhadap OPD yang dapat di jadikan percontohan menuju Perpustkaan Berbasis Inklusi Sosial.

Selain menyediakan bahan bacaan untuk menambah pengatahuan dan  informasi, perpustakaan juga harus dapat memfasilitasi atau memberikan  pelatihan dan keterampilan kepada masyarakat setempat, sehingga perpustakaan dapat bertransformasi dalam meningkatkan kemampuan masyarakat.