Perpustakaan Keliling Hadir di SDN 01 Kalis

Saat ini perpustakaan sebagai sarana pendukung literasi informasi ada banyak sekali sumber media yang bisa di  akses, oleh sebab itu Perpustakaan Daerah Kabupaten Kapuas Hulu selalu setia dan rutin malakukan Layanan di Perpustakaan terutama Perpustkaan Keliling yang di peruntuhkan untuk masyarakat yang keberadaanya jauh dari gedung perpustakaan daerah agar dapat menikmati koleksi-koleksi yang ada di perpustakaan daerah sehingga minat baca masyarakayt juga akan meningkat.

Perpustakaan keliling adalah perpustakaan yang diwujudkan dalam bentuk mobil unit sehingga dapat dipindah-pindahkan ketempat tertentu agar pemakaian perpustakaan ini menjadi luas. Mobil Perpustakaan Keliling merupakan salah satu layanan dari perpustakaan daerah yang melaksanakan layanan kepada masyarakat secara berpindah-pindah sesuai ketentuan yang direncanakan dan ditentukan.

Maka dari itu pada tanggal 12 agustus 2020 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kapuas Hulu tepatnya Bidang Perpustakaan melakukan Layanan Perpustakaan Keliling di SDN 01 KALIS, kegiatan di laksanakan pada hari yang bertepatan dengan hari pengumpulan tugas anak-anak sekolah  ke sekolah tersebut. Antusias anak-anak di SDN 01 KALIS sangat baik dan dengan penuh semangat untuk membaca buku di Perpustakaan Keliling. Perpustkaan Keliling juga menarik simpati mereka sebeb sangat jarang mereka dapat melihat mobil yang di jadikan perpustakaan seperti yang biasa mereka lihat di TV.

Pada kegiatan perpustakaan keliling berlagsung di laksanakan oleh Kepala Bidang Perpustakaan dan beberapa orang Staf Perpustakaan.

Kegiatan yang di lakukan pada saat perpustakaan keliling yaitu mengajak siswa-siswi untuk membaca buku, memberikan motivasi tentang pentingnya membaca buku bagi perkembangan diri dan masa depan, serta mengajak siswa-siswi di sekolah tersebut untuk bermain games yang memicu kreativitas anak-anak

Tujuan utama dari layanan perpustakaan keliling yang dilakukan antara lain agar pelajar Kabupaten Kapuas Hulu dapat meningkatkan minat baca serta dapat mengatahui betapa pentingnya membaca untuk perkembagan diri mereka, serta merasakan atau menikmati koleksi yang ada di Perpustakaan Daerah Kabupaten Kapuas Hulu serta untuk meningkatkan minat baca di seluluh kalangan masyarakat Kabupaten Kapaus Hulu terutama para pelajar.