Meningkatkan Minat Baca Anak-Anak di Desa Tekudak

Perpustakaan keliling merupakan salah satu layanan yang di sediakan oleh  Perpustakaan Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, yang di mana salah satu tujuan di adakannya perpustakaan keliling yaitu untuk meningkatkam minat baca masyakat. Minat baca merupakan tanggung jawab negara baik tingkat pusat maupun daerah yang harus dipenuhinya, karena masih berkaitan dengan amanat konstitusi yang menyatakan bahwa negara berkewajiban “mencerdaskan anak bangsa” dengan cara membaca karena dangan kita dapat memperoleh informasi serta pengatahuan dari sesuatu yang ditulis, dengan membaca orang-orang akan lebih banyak mengetahui berbagai pengetahuan dan wawasan dari buku yang di baca.

Begitu juga dengan Perpustakaan Derah Kabupaten Kapuas Hulu yang berada dibawah naungan Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Kapuas Hulu yang memiliki peran penting dalam meningktakan minat baca masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu, salah satu caranya yaitu melaksanakan kegiatan layanan perpustakaan lekiling yang secara rutin ke berbagai kecamatan atau desa yang berada di Daerah Kabupaten Kapuas Hulu.

Pada selasa 11 agustus 2020 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kapuas Hulu tepatnya Bidang Perpustakaan melakukan layanan Perpustakaan Keliling di Desa Tekudak Kecamatan Kalis. Kegiatan perpustakaan keliling di hadiri oleh Kepala Bidang Perpustakaan dan beberapa orang Staf Perpustakaan, antusisas anak anak di desa tekuda sangat baik mererka sangat bersemangat dengan kedatangan perpustakaan keliling di desa mereka.

Adapun rangkaian kegiatan yang di laksanakan di Desa tekudak Kecamatan kalis yaitu memberi edukasi kepada anak-anak di sana pentingnya membaca buku serta membangun semangat tetap belajar dalam  kondisi apapun seperti yang terjadi pada saat ini anaak anak harus belajar DARING, serta mengajak anak-anak untuk membaca buku bersama sama kemudian menjajak mereka menyimpulkan apa yang telah di baca, lalu memberikan  hadiah  untuk anak-anak yang aktif ketika kegiatan di laksanakan yaitu berupa buku tulis dari pihak Perpustakaan Daereah Kabupaten Kapuas Hulu.

Tujuan utama dari Layanan Perpustakaan Keliling yang dilakukan antara lain agar masyarakat terutama anak-anak Kabupaten Kapuas Hulu dapat meningkatkan minat baca serta dapat mengatahui betapa pentingnya membaca untuk perkembagan diri mereka.