Perpustakaan keliling hadir di di Desa Joki Kecamatan Jongkong

Meningkatkan minat baca masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu merupakan salah satu tugas dari Perpustakaan Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, salah satu cara yang efektif dalam meningkatkan minat baca masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu yaitu dengan melakukan gerakan literasi melalui perpustakaan keliling. Yang di mana Perpustakaan keliling merupakan salah satu layanan yang di sediakan oleh Perpustakaan Daerah kabupaten Kapuas Hulu, yang dimana perpustakaan jenis perpustakaan keliling ini mendatangi pemustaka atau pembaca dengan menggunakan kendaraan dengan berisikan bahan bacaan atau koleksi. secara umum perpustakaan keliling berfungsi untuk melayani masyarakat yang tidak terjangkau oleh Perpustakaan.

Pada tanggal 6 agustus 2020 Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Kapuas Hulu tepatnya Bidang Perpustakaan melakukan pelayanan Perpustakaan Keliling di Kecamatan Jongkong Desa Joki yang dimana kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutinitas dari Perpustakan Daerah Kabupaten Kapuas Hulu.

Pada saat Pelayanan Perpustakaan Keliling tersebut di hadiri oleh Kepala Bidang Perpustakaan kemudian Kasi Layanan Dan Pelastarian Bahan Perpustakaan,serta beberapa orang Staf Bidang Perpustakaa.

Ketika Layanan  Perpustakaan  Keliling dilakukan antusias masyarakat di Desa Joki Kecamatan Jongkong  sangalah baik mereka menerima kedatangan layanan perpustakaan keliling dengan bersemangat. Adapun rangkaian kegiatan yang di laksanakan di Desa Joki Kecamatan Jongkong  yaitu memberi edukasi kepada masyarakat di sana terutama kepada anak-anak terkain pentingnya membaca bagi masa depan dan membangun semangat tetap belajar dalam  kondisi apapun serta mengajak anak-anak untuk bermain yang  memberikan makna membangun  kecerdasan pada anak anak di Desa Joki Kecamatan Jongkong, sebagai  hadiah  untuk anak-anak yang aktif di berikan buku tulis dari pihak Perpustakaan Daereah Kabupaten Kapuas Hulu.

Di sisilain Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Kapuas Hulu tepatnya Bidang Perpustakaan melakukan pembinaan serta monitoring  juga terhadap perpustakakaan di Kecamatan Jongkong Desa Joki agar petugas desa memahami tata cara pengolahan perpustakaan.

Tujuan utama dari Layanan Perpustakaan Keliling yang dilakukan antara lain agar masyarakat di perdesaan atau masyarakat yang jauh dari Perpustakaan Daerah Kabupaten Kapuas Hulu juga bisa merasakan atau menikmati koleksi yang ada di Perpustakaan Daerah Kabupaten Kapuas Hulu serta untuk meningkatkan minat baca di seluluh kalangan masyarakat Kabupaten Kapaus Hulu