Membangun Kembali Semanagat Anak-Anak Desa Nanga Nyabau.

Kabuapten Kapaus Hulu baru saja kehilangan salah satu aset budaya yang dimiliki yaitu Rumah Betang, yang dimana rumah betang merupakan  tempat tinggal suku dayak yang ada di seluruh Pulau Kalimantan, Barat, Timur, Selatan, Tengah maupun Utara. Lazimnya Rumah Betang dapat banyak dilihat di perkampungan suku Dayak.

Pada minggu tanggal 19 juli terjadi kebakaran di rumah betang di Daerah Nanga Nyabau, Kecamatan Putussibau Utara, Kabuapten Kapuas Hulu. Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan  Kabuapten Kapuas Hulu tak lupa bersempati terhadap musibah yang terjadi dengan memberikan bantuan dalam sisi akademik serta sedikit mengibur anak-anak yang terkenak bencana tersebut dengan melaksanakan kegiatan Perpustakaan Keliling, Perpustakaan Keliling merupakan salah satu program dari Perpustakaan Daerah Kabupaten Kapuas Hulu yang melaksanakan layanan kepada masyarakat secara berpindah-pindah sesuai ketentuan yang direncanakan dan ditentukan.

Secara operasional Perpustakaan Keliling memberikan layanan kepada kelompok masyarakat yang karena sesuatu hal dan kebeberapa sekolah guna meningkatkan minat baca.  Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 22 juli 2020 yang di hadiri oleh Kepala Bidang Perpustakaan, Kepala Sesi Layanan Dan Pelestarian Bahahn Perpustakaan, serta beberapa staf yang ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Adapun kegiatan yang dilakukan ketika Leyanan Perpustakaan Keliling anatara lain mengajak anak-anak di lingkungan tersebut untuk membaca buku, membagi baju perpustakaan keliling, masker serta buku tulis, dan mengajak anak-anak bermain dalam bentuk edukasi dengan melakukan tanya jawab terkain buku yang mereka baca.

Tujuan utama dari kegiatan perpustakaan keliling dilaksanakan yaitu sebagai bentuk kepedulian dinas perpustakaan dan kearsipan kabupaten kapaus hulu terhadap musibah yang meninpa Desa Nanga Nyabau terutama untuk para anak-anak di desa tersebut, berharap dengan adanya bantuan dari sisi akademik dapat membagun kembali semangat anak anak untuk tetap belajar dalam kondisi apapun yang terjadi.