Perpustakaan keliling hadir di SD Islam Terpadu Insan Mulia

Perpustakaan keliling merupakan salah satu layanan yang di sediakan oleh  Perpustakaan Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, yang dimana perpustakaan keliling ini mendatangi Pemustaka atau pembaca  dengan menggunakan kendaraan dengan berisikan bahan bacaan atau koleksi.

Layanan perpustakaan keliling pada dasarnya bersifat terbuka, secara umum perpustakaan keliling berfungsi untuk melayani masyarakat yang tidak terjangkau oleh Perpustakaan Umum (Perpustakaan Daerah) yang biasanya berada di pusat kota kabupaten. Secara operasional perpustakaan keliling juga memberikan layanan kepada kelompok masyarakat yang karena sesuatu hal dan kebeberapa sekolah guna meningkatkan minat baca, yang dimana Minat baca pelajar Kabupaten Kapuas Hulu merupakan salah satu tugas dari Perpustakaan Daerah Kabupaten Kapuas Hulu.

Pada tanggal 6/3/ 2020 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kapuas Hulu tepatnya Bidang Perpustakaan melakukan layanan Perpustakaan Keliling di SD Islam Terpadu Insan Mulia yang terletak di jalan Benin Teluk Barak, Kedamin Hulu pada saat layanan perpustakaan keliling mendatangi sekolah, antusias siswa-siswi di SDN SD Islam Terpadu Insan Mulia sangat baik dan dengan penuh semangat untuk membaca buku di perpustakaan keliling, hal tersebut terlihat ketika datangnya perpustakaan keliling ke sekolahmereka dan mereka sudah menunggu di depan sekolah dan seketika langsung belari ke mobil perpustakaan keliling setelah mereka mengisi data. Perpustkaan keliling juga menarik simpati mereka sebeb sangat jarang mereka dapat melihat mobil yang di jadikan perpustakaan seperti yang biasa mereka lihat di TV terutama terdapat di beberapa film kartun yang sering mereka lihat. Adapun kegiatan yang dilakukan ketika leyanan perpustakaan anatara lain mengajak anak-anak di lingkungan tersebut untuk membaca buku dan berbagi pemahaman tentang pentingnya membaca buku untuk perkembagan diri.

Kedatangan perpustakaan keliling ke SD Islam Terpadu Insan Mulia merupakan permintaan dari pihak sekolah kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kapuas Hulu, . pada saat pelayanan perpustakaan keliling tersebut di hadiri oleh  Kasi Layanan dan Pelestarian Bahan Pustaka, serta beberapa orang Staf Bidang Perpustakaan. Membaca merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai siswa. Membaca tidak dapat dipisahkan dalam dunia pendidikan. Baik di tingkat sekolah dasar, menengah, maupun tinggi. Kegiatan membaca memiliki banyak manfaat. Seperti dalam pepatah bahwa buku adalah jendela dunia. Membaca menjadi kunci untuk mengetahui informasi. Maka dari itu tujuan utama dari layanan perpustakaan keliling yang dilakukan antara lain agar pelajar kabupaten Kapuas Hulu dapat meningkatkan minat baca serta dapat mengatahui betapa pentingnya membaca untuk perkembagan diri mereka.