Peninjauan Perpustakaan Desa di Kabupaten Kapuas Hulu

Dalam ilmu perpustakaan terdapat 5 jenis perpustakaan salah satunya yaitu perpustakaan umum yang di mana perpustakaan umum ini biasaya berada di bawah naungan pemerintahan seperti Perpustakaan Daerah, Perpustakaan Kota, serta Perpustakaan Desa. Perpustakaan Desa merupakan perpustakaan umum yang terletak di setiap desa yang biasanya berada tidak berjauhan dengan kantor desa.

Senin 3/2/2020 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kapuas Hulu melalui Bidang Perpustakaan melakukan peninjauan  terhadap beberapa perpustakaan desa diantaranya Desa pala pulau, Desa sungai uluk, Desa jaras, dan Desa bika ulu. Pada saat melakukan kegiatan peninjauan dilakuka oleh oleh Kasi Layanan dan Pelestarian Bahan Pustaka, serta beberapa orang Staf Bidang Perpustakaan.

Peninjaun ini di lakukan untuk memenuhi data dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kapuas Hulu tepatnya Bidang Perpustakaan untuk mengatahui Desa mana mana saja yang telah memiliki Perpustakaan Desa yang sesuai standar yang berlaku serta siap untuk di lakukan pembinaan. Pada saat melakukan peninjauan juga di lakukan penjelasan kepada Kepala Desa tentang pentingnya peran perpustakaan untuk meningkatkan kwalitas masyarakat setempat dan menjelaskan juga tata cara pengolahan bahan pustaka secara singkat.

Secara garis besar empat desa yang dilakukan peninjaunan ini belum memiliki perpustakaan desa yang sesuai standar yang berlaku sebab pada empat desa ini hanya memiliki beberapa buku dan rak yang bergabung degan ruang kerja sehingga belum bisa dikatakan sebuah perpustakaan desa.

Hal ini merupakan tugas dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kapuas Hulu tepatnya Bidang Perpustakaan untuk memberikan pemahan kepada desa-desa yang belum mengerti peran serta pentingnya keberadaan perpustakaan di desa serta melakukan pembinaan jika bila mana desa tersebut telah memiliki atau sudah siap dilakukan pembinaan.