Perpustakaan Keliling Hadir di Pekan Raya Bumi Kasturi dan Teknologi Tepat Guna

Meningkatkan minat baca masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu merupakan salah satu tugas dari Perpustakaan Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, peran perpustakaan dalam usaha menumbuhkan minat baca masyarakat dan membuat perpustakaan menjadi ramai adalah dengan cara membuat suasana, bahan bacaan, dan ruangan dalam perpustakaan yang nyaman serta memberikan fasilitas berupa sarana dan prasarana yang memadai, salah satu fasilista yang di sediakan Perpustakaan Daerah kabupaten Kapuas Hulu untuk merangkul masyarakat yang jauh dari perpustakaan daerah yaitu layanan perpustaaan keliling.

Perpustakaan keliling merupakan salah satu layanan yang di sediakan oleh Perpustakaan Daerah kabupaten Kapuas Hulu, yang dimana perpustakaan jenis perpustakaan keliling ini mendatangi pemustaka atau pembaca dengan menggunakan kendaraan dengan berisikan bahan bacaan atau koleksi. secara umum perpustakaan keliling berfungsi untuk melayani masyarakat yang tidak terjangkau oleh Perpustakaan.

Pada kesempatan kali ini Perpustakaan Daerah Kabupaten Kapuas Hulu melaksanakan layanan perpustakaan keliling di Festival Pekan Raya Bumi Kasturi dan Teknologi Tepat Guna yang di selengarakan di Desa Nanga Tepuai Kecamatan Hulu Gurung yang di selengarakan dari tanggal 9-14 Desember 2019.

Ketika layanan perpustakaan keliling dilakukan antusias masyarakat di Desa Nanga Tepuai Kecamatan Hulu Gurung sangat baik mereka menerima kedatangan layanan perpustakaan keliling dengan bersemangat, yang hadir ke perpustakaan keliling tidak hanya anak anak saja akan tetapi orang dewasa bahkan orang tua juga datang ke perpustakaan keliling untuk membaca buku yang terdapat di dalam mobil perpustakaan keliling. Adapun kegiatan yang dilakukan leyanan perpustakaan keliling anatara lain mengajak anak-anak serta masyarakat di lingkungan tersebut untuk membaca buku dan berbagi pemahaman tentang pentingnya membaca buku untuk perkembagan diri menambah ilmu pengatahuan serta wawasan.

Tujuan utama dari layanan perpustakaan keliling yang dilakukan antara lain agar masyarakat di perdesaan atau masyarakat yang jauh dari Perpustakaan Daerah Kabupaten Kapuas Hulu juga bisa merasakan atau menikmati koleksi yang ada di Perpustakaan Daerah Kabupaten Kapuas Hulu serta untuk meningkatkan minat baca di seluluh kalangan masyarakat Kabupaten Kapaus Hulu.