Perpustakaan Keliling Hadir Dalam Acara Festival Danau Sentarum

Perpustakaan keliling merupakan salah satu layanan yang di sediakan oleh Perpustakaan Umum (Perpustakaan Daerah), dimana perpustakaan keliling ini mendatangi Pemustaka atau pembaca  dengan menggunakan kendaraan dengan berisikan bahan bacaan atau koleksi. secara umum perpustakaan keliling berfungsi untuk melayani masyarakat yang tidak terjangkau oleh Perpustakaan Umum (Perpustakaan Daerah) yang biasanya berada di pusat kota kabupaten.

Perpustakaan Derah Kabupaten Kapuas Hulu yang berada dibawah naungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kapuas Hulu memiliki layanan perpustakaan keliling juga yang secara rutin melakukan turun lapangan ke berbagai kecamatan atau desa yang berada di Daerah Kabupaten Kapuas Hulu.

Pada kesempatan kali ini Perpustakaan Daerah Kabupaten Kapuas Hulu melakukan layanan perpustakaan keliling di Kecamatan Lanjak yang di mana perpustakaan keliling berpartisipasi juga dalam sebuah acara besar yang di selengarakan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kapuas Hulu yaitu Festival Danau Sentarus yang di selengarakan dari tanggal 25-27 oktober 2019.

Ketika akan melaksanakan kegiatan layanan perpustakaan keliling pada acara Festival Danau Sentarum maka terlebih dahulu pihak dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kapuas Hulu meminta ijin kepada panitia penyelengara untuk ikut berpartisipasi dalam acara tersebut dengan membuka pelayanan perpustakaan keliling.

Adapun kegiatan yang dilakukan ketika leyanan perpustakaan anatara lain mengajak anak-anak serta masyarakat di lingkungan tersebut untuk membaca buku dan berbagi pemahaman tentang pentingnya membaca buku untuk perkembagan diri menambah ilmu pengatahuan.

Tujuan utama dari layanan perpustakaan keliling yang dilakukan antara lain agar masyarakat di perdesaan atau masyarakat yang jauh dari perpustakaan daerah kabupaten Kapuas hulu juga bisa merasakan atau menikmati koleksi yang ada di perpustakaan daerah kabupaten Kapuas hulu serta untuk meningkatkan minat baca di seluluh kalangan masyarakat kabupaten kapaus hulu.