Tingkatkan Minat Baca Perpustakaan Keliling Sambangi Desa Renyai Hilir Kecamatan Seberuang

Perpustakaan keliling  merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh  Perpustakaan Umum (Perpustakaan Daerah), dimana perpustakaan keliling ini mendatangi Pemustaka atau pembaca  dengan menggunakan kendaraan dengan berisikan bahan bacaan atau koleksi. Secara umum perpustakaan keliling berfungsi untuk melayani masyarakat yang tidak terjangkau oleh Perpustakaan Umum (Perpustakaan Daerah) yang biasanya berada di pusat kota kabupaten.

Begitu juga dengan Perpustakaan Derah Kabupaten Kapuas Hulu yang berada dibawah naungan Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Kapuas Hulu memiliki layanan perpustakaan keliling yang secara rutin melakukan turun lapangan ke berbagai kecamatan atau desa yang berada di Daerah Kabupaten Kapuas Hulu.

Pada tanggal 19/9/19 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kapuas Hulu melalui Bidang Perpustakaan melakukan layanan Perpustakaan Keliling di Desa Renyai Hilir Kecamatan Seberuang pada saat layanan perpustakaan keliling mendatangi desa tersebut antusias anak-anak di desa renyai hilir sangat baik dan dengan penuh semangat untuk membaca buku di perpustakaan keliling. Perpustkaan keliling juga menarik simpati mereka sebeb sangat jarang mereka dapat melihat mobil yang di jadikan perpustakaan seperti yang biasa mereka lihat di TV.

Ketika akan melaksanakan kegiatan layanan perpustakaan keliling terlebih dahulu petugas dari Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Kapuas Hulu meminta ijin kepada kepala desa untuk melakukan pelayanan perpustakaan keliling. pada saat pelayanan perpustakaan keliling tersebut di hadiri oleh Kepala Bidang Perpustakaan, Kasi Program dan Pengembangan Perpustakaan, serta beberapa orang Staf Bidang Perpustakaan.

Adapun kegiatan yang dilakukan ketika leyanan perpustakaan anatara lain mengajak anak-anak di lingkungan tersebut untuk membaca buku dan berbagi pemahaman tentang pentingnya membaca buku untuk perkembagan diri.

Tujuan utama dari layanan perpustakaan keliling yang dilakukan antara lain agar masyarakat di perdesaan atau masyarakat yang jauh dari perpustakaan daerah kabupaten Kapuas hulu juga bisa merasakan atau menikmati koleksi yang ada di perpustakaan daerah kabupaten Kapuas hulu serta untuk meningkatkan minat baca di seluluh kalangan masyarakat kabupaten kapaus hulu.