Penelusuran Arsip Sejarah Kerajaan Silat Hilir

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kapuas Hulu melakukan Penelusuran Informasi Arsip Sejarah Kerajaan Silat Hilir. Penulusaran informasi arsip sejarah tersebut di lakukan oleh Kepala Dinas, Kabid Kearsipan, dan beberapa orang staf di Bidang Kearsipan di Desa Pangeran Kecamatan Silat Hilir Kabupaten Kapuas Hulu. Senin, (15/07/2019).

Dalam Proses Penelusuran Informasi Arsip Sejarah Kerajaan Silat Hilir berjalan dengan lancar karena pada saat melakukan penelusuran dari Bidang Kearsipan bisa bertemu dan melakukan wawancara secara langsung dengan keturunan asli dari kerajaan silat hilir yaitu Pak Mustaan dan juga bisa melakukan wawancara dengan Pak Sumadi Selaku Kepala Desa Pangeran.

Adapun hasil penelusuran arsip sejarah tersebut antara lain; berkas arsip, foto-foto peninggalan kerajaan, sil-silah kerajaan, dan makam raja-raja.

Kegiatan penelusuran arsip sejarah kerajaan silat hilir ini bertujuan untuk melengkapi arsip yang ada di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Kapuas Hulu, yang awalnya hanya memiliki 6 arsip kerjaan sekabupaten kapaus hulu, maka sekarang memiliki 7 arsip kerajaan yang ada di Kabuapaten Kapuas Hulu.

Adapun arsip kerajaan sekabupaten Kapaus Hulu yang di miliki oleh Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Kapuas Hulu yaitu: Kerajaan Selimbau, Kerajaan Jongkong, Kerajaan Embaloh Hilir, Kerajaan Desa Piasak, Kerajaan Pulau Majang, Kerajaan Bunut Hilir, dan Kerajaan Silat