DPK Siap Bantu Desa Penuhi Kebutuhan Buku

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Desa-desa saat ini diamanatkan Pemerintah Pusat untuk menumbukan minat baca dengan menyajikan perpustakaan. Pemerintah juga telah memberikan petunjuk teknis terkait pemanfaatan Dana Desa (DD) untuk membangun perpustakaan desa.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Kapuas Hulu, Muhtarudin, mengatakan, penyajian tempat baca memang perlu jadi perhatian pemerintah di tingkat desa. Sebab buku-buku sangatlah penting dalam menunjang pengetahuan masyarakat di desa, baik masyarakat umum maupun pelajar.

“Kami siap membantu pemenuhan buku-buku untuk perpustakaan di desa. Nanti bisa kita usulkan ke perpustakaan nasional,” paparnya, Senin (4/12).

Menurut mantan Sekertaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas Hulu ini, cukup banyak desa yang sudah menganggarkan untuk perpustakaan. Hal tersebut juga sudah diatur pembuatannya denga memanfaatkan DD.

“Waktu di dinas lama (DPMD Kapuas Hulu) Sekitaran 50 desa sudah menganggarkan pengadaan buku untuk perpustakaan desa,” tuturnya.

DPK Kapuas Hulu sendiri, kata Muhtarudin, akan mendorong kompetisi dalam perpustakaan desa. Sebab itu tahun 2018, DPK mengadakan lomba Perpustakaan tingkat desa.

“Selain itu kami juga akan mengadakan lomba bercerita anak SD serta membuat web untuk promosi buku-buku yang ada di perpustakaan Kapuas Hulu agar masyarakat bisa membacanya,” tuntasnya.

(Sukardi/Faisal)