Wabup: OPD Harus Kuasai Kearsipan Berbasis IT

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kapuas Hulu dan BKPSDM Kapuas Hulu mengelar pelatihan kearsipan di Lingkungan Pemda Kapuas Hulu, di Gedung Korpri Putussibau, Senin (26/11).

Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L Ain Pamero yang membuka acara tersebut menegaskan bahwa arsip sangat penting sebagai dokumentasi, maka harus dikelola dengan sebaik-baiknya. “Pelatihan ini adalah sangat baik, karena harus memahami sistem teknologi. Kunci pertama yaitu kuasai teknologi. Lakukan pelatihan ini dengan sebaik mungkin, sebab tidak semua PNS bisa mengikuti kegiatan ini,” ucap Wabup.

Setiap OPD harus dapat mengelola kearsipan Pemerintah Daerah Kapuas Hulu lebih baik lagi kedepannya. “Diharapkan, sebagai pengelola arsip sesuai ketentuan yang berlaku, sehingga menyediakan arsip yang terpercaya dan profesional. Untuk itu bagi peserta dapat mengelola kearsipan sesuai dengan kaidah, serta meningkatkan wawasan bagi PNS dalam mengelola kearsipan di tempat kerjanya masing-masing,” ungkapnya.

Plt Sekretaris BKPSDM Kabupaten Kapuas Hulu, Syahbudin Sah menyatakan, pelatihan ini bertujuan adalah untuk memberikan bekal kepada PNS yang membidangi masala kearsipan di Lingkungan Pemda Kapuas Hulu, supaya mampu mengelola kearsipan yang benar.

“Diharapkan para peserta pelatihan kearsipan ini bisa mengikuti dengan serius, sehingga masalah kearsipan disetiap dinas bisa dikelola dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Sedangkan jumlah peserta yang mengikuti dalam pelatihan tersebut sebanyak 42 orang peserta, dari kalangan PNS bidang kearsipan. Dilaksanakan 5 hari mulai dari tanggal 26-30 November.

“Materi dalam pelatihan ini adalah tentang kebijakan pengantar pengelola kearsipan, komitmen belajar, pengelolaan arsip aktif, penyusunan arsip, pemeliharaan arsip, dan materi lainnya,” tuntasnya.

Acara yang dibuka oleh Wakil Bupati Kapuas Hulu Antonius L Ain Pamero itu dihadiri Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kapuas Hulu dan para tamu undangan lainnya. (Tim KIP)