Pembinaan Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri 17 Senai Kecamatan Hulu Gurung

SENAI. Bidang Perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan melakukan Pembinaan Perpustakaan Sekolah pada SDN 17 Senai (13/7) Desa Tani Makmur Kecamatan Hulu Gurung, yang terpilih sebagai peserta Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Nasional mewakili Kalimantan Barat.

Pembinaan ini dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kapuas Hulu, Muhtarudin S.Sos.,M.AP.Adapun kegiatan yang dilakukan:
1. Pembinaan tenaga untuk keterampilan mengelola perpustakaan sekolah.
2.Pembinaan dalam mengerjakan pengolahan bahan pustaka yang meliputi, inventarisasi, klasifikasi, katalogisasi dan kelengkapan bahan pustaka.
3.Pembinaan dan pengenalan layanan Perpustakaan.Berdasarkan pemantauan, SDN 17 Senai masih perlu menambah koleksi buku pada perpustakaan sekolah. Seperti yang diamanatkan Undang Undang No 43/2007 tentang Perpustakaan yang disahkan pada 2 Oktober 2007, dijelaskan bahwa anggaran yang diperuntukan bagi pengembangan perpustakaan sekolah minimal harus sebesar 5% dari anggaran operasional sekolah. Penambahan Koleksi ini bertujuan untuk menarik minat baca, karena semakin banyak koleksi buku yang ada diperpustakaan maka semakin memiliki daya tarik untuk dikunjungi.