Tingkatkan Minat Baca, Perpus Setda Kapuas Hulu Sebar Buku Hingga ke Rumah Ibadah

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Perpustakaan dan Kearsipan Sekertariat Daerah Kapuas Hulu terus mendorong tumbuhnya minat baca di masyarakat. Bahan-bahan bacaan juga terus disuplai ke tingkat kecamatan dan desa, bahkan ke rumah-rumah ibadah.

Kepala Sub Bagian Perpustakaan dan Kearsipan pada Humas Setda Kapuas Hulu, Hayatunufus mengatakan, Kapuas Hulu selalu mendapatkan bantuan hibah buku itu dari Perpustakaan Daerah Provinsi Kalimantan Barat. Hibah buku tersebut sifatnya kontinyu namun tidak selalu ada setiap tahun.

“Kalau ada bantuan buku, nanti mereka dari Provinsi Kalbar menyurati kita dulu. Baru kemudian mereka bantu bukunya, lalu kita salurkan buku tersebut ke desa-desa, berdasarkan lokasi yang sudah ditetapkan,” tuturnya, Selasa (19/4).

Ia menjelaskan, sejauh ini sudah lebih dari 10 kecamatan di Kapuas Hulu yang sudah disalurkan hibah buku. Akan tetapi tidak semua desa di Kecamatan tersebut mendapatkannya.

“Seperti Kecamatan Putussibau utara, di Kecamatan itu hanya ada 7 desa yang sudah disalurkan buku,” ujarnya.

Menurut dia, buku hibah itu disalurkan ke kantor kecamatan dan juga desa. Selain itu, ada pula buku-buku yang disalurkan ke gejera dan masjid. Adapun rumah ibadah yang disalurkan bahan bacaan tersebut diantaranya, Gereja Hati Maria Tak Bernoda (HMTB) Putussibau, Gereja Bika dan Gereja Sungai Ulu, lalu Masjid Darusalam Kedamin dan Masjid Almustawa.

“Rumah ibadah yang pertama dapat hibah buku itu adalah Gerja HMTB Putussibau. Untuk hibah buku ke kapel dan surau belum ada, nanti perlahan diusulkan,” ujarnya.

Dengan adanya hibah buku baik bagi kantor camat, desa dan juga rumah ibadah, dirinya berharap itu dapat membawa manfaat. Terutama dalam peningkatan wawasan.

“Saya berharap bantuan buku itu bisa menumbuhkan minat baca di masyarakat. Dengan sering membaca buku mereka dapat menambah wawasan, terutama seperti yang PNS untuk memperkaya pengetahuan hukum dan aturan-aturan pemerintah,” tutupnya.

(Yohanes/Dede)